Pengalaman Kirim Barang Lewat EMS ke Korea Selatan

Hai guys kali ini gw mau berbagi pengalaman 2bulan lalu pas gw kirim barang ke Korea Selatan (Juli 2014).
Sebenernya masalah kirim mengirim gw udah sering banget karna gw penjual haha tapi kalo kirim ke Korea ini pertama kalinya.

Nah sebelum gw kirim ke Korea, sebelumnya gw pernah mau kirim barang buat temen di Prancis, tapi karna mahal gak jadi haha

Nah tepat saat Ramadhan H-7 lebaran, gw ngirim barang ke Korea Selatan.
Karna baru pertama kali dan barang yang gw kirim sekerdus besar, gw agak was-was kena berapa yaaa~~
Tapi sebelumnya gw udah 100x ngecek web EMS hahahaha karna gw takut uang kurang.
Barang yang gw kirim beratnya 4,135 gram atau 4,2kg lah~ kalo di pengiriman kayak gitu dihitung 4,5kg atau 5kg.
Dengan langkah yang agak ragu gw masuk Kantor Pos dan disambut sama pimpinan kantor pos bapak2 gitu, gw ambil nomer antrian deh.
Bapak2 itu ngepoin gw, “mau kirim kemana mbak?”
Trus gw jawab, “Kirim ke Korea pake EMS pak.. Oiya estimasi EMS berapa ya?”
Gw basa-basi aja sekalian nunggu nomer antrian padahal gw udah tau sih estimasinya berapa haha
“5-7hari mbak.. Kirim ke Korea? Kirim apa mbak?” bapak2 itu masih ngepoin gw karna gw lagi main line ama temen, gw jawab sekenanya.
“Kirim baju pak..” si bapak jawab lagi “lah di korea kan bajunya lebih bagus2…”
Wkwkwk ya gw sih agak ngakak juga dalem hati ngebayangin gw jualan baju yg beli orang korea gak mungkin banget kan. Gw senyum aja trus giliran gw nih langsung cus ke petugas posnya sambil nenteng kerdus gede.

Disambut mbak-mbak berbaju oranye, langsung ditanya “Ke Korea ya mbak… Isi paketnya apa?”
Karena isinya macem-macem gw jawab aja ‘Baju sama Mie instan’, trus mbaknya nanya lagi “nilai pertanggung jawaban paket ini berapa ya? Tidak ada zat cairnya kan?”
Karna muka gw bingung, si mbaknya menjelaskan kalo nilai pertanggungan isi kiriman itu total harga isi kirimannya sekitar berapa.. Dan tidak boleh ada zat cair.
Trus gw jwab sekitar 500ribu an mbak dan gak ada zat cair, dan mbaknya langsung ngsih gw blangko disuruh ngisi alamat rumah gw sama alamat orang yg mau gw kirimin paketnya. Agak lupa sih dulu itu kalo gak salah ngisi 2 blangko.
Trus habis itu tanda tangan. Setelah tanda tangan mbak-mbaknya nimbang barangnya 4,135gr ya mbak, totalnya blablabla 763.231

Nahhh gw legaaa ternyata 4,1kg kenanya cuma 763rb.. Coba kirim pake DHL atau yang lainnya pasti sampe jutaan deh.
Dari rincian kertasnya ::

Bea : 753.100
Netto : 753.100
PPN 1% : 7531
HTNB : 2600 (Termasuk ppn10%)

Jumlah >> 763.231

Saat itu kurs 1$ US = 11.730

Gw kirimnya ke Seoul, Korea Selatan. Di pusat kotanya di salah satu daerah terkenal lah.

Ini foto Airwaybill sama struk pengiriman

image

Ini harga keterangan isi paket

image

Sebenernya ada 2 lembar, foto diatas itu lembar kedua.
Oiya untuk info, setelah barang tersebut di luar Indonesia, tracking di http://posindonesia.co.id udah gak bisa karna cuma sampe Indonesia aja trackingnya, kalian harus cek di web EMS Indonesia/ EMS negara tujuan pengiriman🙂

5 hari kemudian gw cek barangnya udah diterima dan sampe dengan selamat. Cepet kok EMS ini… Murah lagi…recommended deh

Semoga bermanfaaat

Tentang happyjunitasari

gadis kelahiran 1997 yang sedang mencari jati diri dan bermimpi menjadi perempuan sukses :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

13 Balasan ke Pengalaman Kirim Barang Lewat EMS ke Korea Selatan

  1. ailama berkata:

    Mau tanya ada minimum berat pengirimian engga sih? Saya mau kirim tp mungkin cuma setengah kilo

  2. anitha berkata:

    mau tanya nihh klo kirim surat kena berapa ya? Soalny saya mau kirim surat buat teman di seoul. Terima kasih sebelumnya.

  3. resiii berkata:

    aku mau tanya cek biaya dmn ya ? aku mau kirim barang kira2 250gr-an. kira2 habis brp ya. takut kurang jg kl udh smpe kantor pos hehe

  4. selvy berkata:

    mauu tanya untuk alamat ke pengirim itu hrs pakai hangeul atau bisa pakai bhs lation korea yah misal nya sinsadong garosugil? takut tidak sampai barang nya harus mencantumkan no tlp penerima juga?

  5. intan berkata:

    Halo mba, sy kirim paket ke taiwan dan udah nyampe, received by sp_insinbound , sama seperti trackingan ems mba yg ke korea, apakah mba tahu sp_insinbound tuh artinya apa ya?

  6. Pandu Aji berkata:

    Makasih infonya, soalnya mau kirim baju juga ke korea selatan😀

  7. risti berkata:

    mba temen saya di korea ngirim barang untuk saya di jakarta lewat ems. tapi ko udah 11 hari blm sampai ke alamatnya ya?

Tinggalkan Balasan

