Pengalaman Kirim Barang Lewat EMS ke Korea Selatan

Hai guys kali ini gw mau berbagi pengalaman 2bulan lalu pas gw kirim barang ke Korea Selatan (Juli 2014).
Sebenernya masalah kirim mengirim gw udah sering banget karna gw penjual haha tapi kalo kirim ke Korea ini pertama kalinya.

Nah sebelum gw kirim ke Korea, sebelumnya gw pernah mau kirim barang buat temen di Prancis, tapi karna mahal gak jadi haha

Nah tepat saat Ramadhan H-7 lebaran, gw ngirim barang ke Korea Selatan.
Karna baru pertama kali dan barang yang gw kirim sekerdus besar, gw agak was-was kena berapa yaaa~~
Tapi sebelumnya gw udah 100x ngecek web EMS hahahaha karna gw takut uang kurang.
Barang yang gw kirim beratnya 4,135 gram atau 4,2kg lah~ kalo di pengiriman kayak gitu dihitung 4,5kg atau 5kg.
Dengan langkah yang agak ragu gw masuk Kantor Pos dan disambut sama pimpinan kantor pos bapak2 gitu, gw ambil nomer antrian deh.
Bapak2 itu ngepoin gw, “mau kirim kemana mbak?”
Trus gw jawab, “Kirim ke Korea pake EMS pak.. Oiya estimasi EMS berapa ya?”
Gw basa-basi aja sekalian nunggu nomer antrian padahal gw udah tau sih estimasinya berapa haha
“5-7hari mbak.. Kirim ke Korea? Kirim apa mbak?” bapak2 itu masih ngepoin gw karna gw lagi main line ama temen, gw jawab sekenanya.
“Kirim baju pak..” si bapak jawab lagi “lah di korea kan bajunya lebih bagus2…”
Wkwkwk ya gw sih agak ngakak juga dalem hati ngebayangin gw jualan baju yg beli orang korea gak mungkin banget kan. Gw senyum aja trus giliran gw nih langsung cus ke petugas posnya sambil nenteng kerdus gede.

Disambut mbak-mbak berbaju oranye, langsung ditanya “Ke Korea ya mbak… Isi paketnya apa?”
Karena isinya macem-macem gw jawab aja ‘Baju sama Mie instan’, trus mbaknya nanya lagi “nilai pertanggung jawaban paket ini berapa ya?”
Karna muka gw bingung, si mbaknya menjelaskan kalo nilai pertanggungan isi kiriman itu total harga isi kirimannya sekitar berapa..
Trus gw jwab sekitar 500ribu lah mbak, dan mbaknya langsung ngsh gw blangko disuruh ngisi alamat rumah gw sama alamat orang yg mau gw kirimin paketnya. Agak lupa sih dulu itu kalo gak salah ngisi 2 blangko.
Trus habis itu tanda tangan. Setelah tanda tangan mbak-mbaknya nimbang barangnya 4,135gr ya mbak, totalnya blablabla 763.231

Nahhh gw legaaa ternyata 4,1kg kenanya cuma 763rb.. Coba kirim pake DHL atau yang lainnya pasti sampe jutaan deh.
Dari rincian kertasnya ::

Bea : 753.100
Netto : 753.100
PPN 1% : 7531
HTNB : 2600 (Termasuk ppn10%)

Jumlah >> 763.231

Saat itu kurs 1$ US = 11.730

Gw kirimnya ke Seoul, Korea Selatan. Di pusat kotanya di salah satu daerah terkenal lah.

Ini foto Airwaybill sama struk pengiriman

image

Ini harga keterangan isi paket

image

Sebenernya ada 2 lembar, foto diatas itu lembar kedua.
Oiya untuk info, setelah barang tersebut di luar Indonesia, tracking di http://posindonesia.co.id udah gak bisa karna cuma sampe Indonesia aja trackingnya, kalian harus cek di web EMS Indonesia/ EMS negara tujuan pengiriman🙂

Semoga bermanfaaat

Tentang happyjunitasari

gadis kelahiran 1997 yang sedang mencari jati diri dan bermimpi menjadi perempuan sukses :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

26 Balasan ke Pengalaman Kirim Barang Lewat EMS ke Korea Selatan

  1. ArdeyanataKauzan berkata:

    mau tanya dong, mau ngirim juga ke korea dengan tujuan lain tentunya haha. ohiya itu akhirya nyampe di koreanya beneran “5-7” hari ga ya? takut klo jadwalnya molor jadi nyoba tanyatanya dulu ama yg udah pengalaman. bales ya. makasih

  2. ayu MJ berkata:

    nulis Alamatnya pake hangul apa romanized nih? soalnya aku juga mau ngirim, tp dikasihnya alamat bentuk hangul..

  3. Rahmat berkata:

    mau tanya dong untuk pengiriman barang ke korea melalui pos, apa bedanya EMS PRIORITY MERCHANDISE, EMS MERCHANDISE, PAKET CEPAT, PAKET BIASA? baiknya pakai paket mana ya?

  4. anhgi berkata:

    Maaf mau tanya kalo mau kirim barang ke korea apa harus cantumin no.telp penerima?

  5. ipe berkata:

    Ditahan beacukai brp lama?

  6. Ahndrean Jung berkata:

    mau tanya kalo cost pengiriman di bawah 2kg itu berapaya ? ada website buat tau daftarnya nggak

  7. cillafiz berkata:

    Dlm waktu dekat ini juga sy mw kirom paket mba ke korsel tepatnya busan. Sy sudah cr info harga pengirkman berkali2, dan dpt dan menurut saran temen2 jg pake pos aja. Nah, pas di kasirnya kita bilang ga pake pengiriman ems yg jenis apa. Trimakasih

  8. Nina berkata:

    Tgl 1 oktober sy kirim ems ke busan korea selatan 1,5 kg kena Rp. 738.000 ,3 hari nyampe itu kata petugas,krna aku kirim hari kamis kantor sabtu minggu libur,pas td di track atau lacak di posindonesiatrackems kirimanku tgl 2 udah departure dr jakarta,mudah2han hari ini nyampe

  9. oberson berkata:

    untuk tanya2 ongkir via Pos Indonesia, pengiriman ke Luar Negeri Via EMS(Express Mail Service),Dll.. boleh W.A & Call di No. 081314844633 & 021-92882445. posisi saya di Kantor Pos Jagakarsa – Free pick up untuk area Jaksel & depok dan sekitarnya.

  10. mautanya kalo kirim barang kan harus cantumin no.telp yg dituju.. fungsinya kan buat mastiin tmpat penerima.. tapi kalo yg dikirimin paket gk tau klo mau dikirimin paket gmna dong? paketnya bakal diterima sm penerima gk ya ?
    btw aku mau kirimnya ke BigHitent. buat pas ultahnya j-hope..😀 #jiwakpopers

    • happyjunitasari berkata:

      ngga apa say aku pernah kirim ke stardom ent buat toppdogg dulu nyampe, malah barangku ada yg dipake membernya🙂 klo bts dlu pernah ngirimin suga topi tp entahlah blm liat dia pake itu kkk tp nyampe kok semua agency nerima kiriman dr fans

      • ann berkata:

        hiii happy, aku lagi browsing browsing soal kirim paket ke LN, sharingannya sangat sangat bermanfaat deh makasih ya🙂

        pas banget kebetulan aku juga mau kirim buat Suga, artinya untuk pencantuman nomer telpon gimana tuh? nomer telpon bighit office kah? #jiwakpopersjuga

      • happyjunitasari berkata:

        Iya kamu ksh nomer telepon kantornya bighit aja biasanya di twitter/album bts ada hehe
        Aku dlu kirimnya nitip temen yg ikut summerschool di korea jd kirimnya dr jasa pngiriman korea^^

      • Putriazn berkata:

        Kak aku mau coba ngirim ke jyp ent tapi takut gak ke kirim,kalo mastiin udah ke kirim gimana caranya/? Emangnya kalo ke kirim gak ada kabar gitu/? kalo ke kirim di kasih ke got7 gak?

  11. ree berkata:

    Hi boleh nanya ga. Aku dalam waktu deket ini juga mau kirim barang ke korea. Trus penulisan alamat si penerima di paketnya di tulis huruf hangul atau gimana ya?

  12. maria berkata:

    mba ini di pos indonesia mana?

  13. taeminho18 berkata:

    halo, permisi baca tulisannya ya. mau tanya, kalo untuk pengiriman dari korea ke indonesia itu sendiri kita bayar pajaknya berdasarkan apa ya ? hehe terima kasih🙂

  14. Irene berkata:

    Hai Happy.. Seneng nemu pengalaman kirim barangmu ke LN (And actually Korea) ahahhaa.. Aku baru aja jadi kpopers!! Hohoo.. dan punya rencana kirim barang ke salah satu biasku.. Aku mau tanya dong, kalo kita kirim ke manajemen artisnya kan otomatis nulis penerimanya atas nama manajemen tersebut. Gimana caranya supaya barang kita sampai ke member yang kita mau kasih? Apa kita perlu taro surat didalamnya? Atau apa kita bisa sematkan nama member yang kita mau kasih di data si penerima? Sorry ya pertanyaannya nggak berbobot😀 Soalnya newbie banget.. Bingung harus nanya kemana.. Kpopers lain juga boleh komen kok🙂 Thankyouuu~~

Tinggalkan Balasan

